Jakarta, sindonews.id - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Jamie Al-Mukhilisin bekerjasama dengan Yayasan Nuryanto Medical Nusantara menggelar pengobatan gratis, dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah.

Kegiatan tersebut berlangsung di halaman Masjid Jamie Al- Mukhilisin Jalan Dahlia RT 11/010, Kelurahan Semanan, Kalideres, Jakarta Barat, Minggu (08/9/2024), berupa periksa kadar kolesterol dan kadar gula darah serta penyakit asam urat.

Ketua DKM Masjid Jamie Al- Mukhilisin Ahmad Saridin mengatakan, pengobatan gratis ini terselenggara atas kerjasama dengan Yayasan Nuryanto Medical Nusantara.

Pertama pengecekan gula darah, kadar kolesterol dan asam urat oleh tim tenaga kesehatan juga dokter profesional.

"Dokter memeriksa kesehatan pasien yang mayoritas kelompok lanjut usia (lansia).

Setelah diperiksa oleh dokter akan diketahui tingkat gula darah dan kolesterol itu berapa. Sedangkan yang terkena penyakit asam urat diberikan obat-obatan," ujar Ahmad Saridin disela-sela kegiatan.


Ia menyebutkan untuk jumlah pengobatan gratis total kuota ada 70 peserta dengan cara mendaftar yaitu satu orang mendapatkan 1 kupon pemeriksaan kesehatan.

"Alhamdulillah, sesuai kuota sebanyak 70 orang berpartisipasi dalam pengobatan gratis ini," katanya.

Dia menambahkan kegiatan pengobatan gratis ini merupakan bagian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Kami juga mengadakan akan beberapa acara. Setelah pengobatan gratis akan digelar acara Tabligh Akbar dan kegiatan donor darah diaktifkan kembali secara rutin seperti tahun-tahun lalu," jelas Ahmad Saridin.

Salah satu tim kesehatan dilokasi, Dr Nuryanto Sp.S mengaku dalam melakukan pengobatan gratis ini ditargetkan dalam sebulan 300 orang.

"Untuk rutunitas kita Yayasan Nuryanto Medical Nusantara dalam bidang sosial pengobatan gratis untuk umum satu bulan target kami 300 orang," ucapnya.

"Semua kita berikan gratis baik cek asam urat, kolesterol, gula darah serta obat-obatan," lanjut Dr Nuryanto.

Menurutnya, karena ini kegiatan pengobatan gratis yang kedua dengan target 70 orang.

"Dari hasil yang saya cek tadi hampir 70 persen pasien gejala asam urat dan banyak juga darah tinggi. Mereka rata-rata diatas 50 tahun," ungkapnya.

Setelah itu pasien diberikan obat sesuai yang ditanganinya berdasarkan keluhan dan pemeriksaan.

"Saya berharap kepada masyarakat yang tidak mampu untuk berobat keklinik dan dokter atau ketempat lain bisa kebantu dari program-program Yayasan Nuryanto Medical Nusantara," imbuhnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan jika ingin bekerjasama dalan pengobatan gratis silahkan datang ke Yayasan Nuryanto Medical Nusantara Jalan Irigasi Sipon Gang Poncol, Poris Plawad Utara, Cipondoh, Kota Tangerang.

"Silahkan daftar ke yayasan kami untuk pendaftaran satu bulan sebelum acara pengobatan. Itu akan kita jadwal kapan pastinya," terangnya.

Sementara itu, pengurus RW 010 Mudini mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Nuryanto Medical Nusantara bersama DKM Masjid Jamie Al- Mukhilisin yang telah memfasilitasi pengobatan gratis tersebut.

"Saya sebagai pengurus wilayah tentunya sangat apresiasi dengan adanya pengobatan gratis ini, semoga kedepan acara ini setiap tahun bisa terus berlanjut untuk masyarakat diwilayah RW 010," tandasnya. Rill/Ivn

Axact

Jangan Pernah Menunda Kebaikan, Karena Tidak Akan Ada Waktu Yang Tepat.

Post A Comment:

0 comments: